Saturday, July 13, 2013

Nyalon Bupati Tegal, Ki Entus Ritual Potong Rambut

Nyalon Bupati Tegal, Ki Entus Ritual Potong Rambut

TEMPO.CO , Slawi - Bagi kebanyakan orang, memotong rambut adalah sesuatu yang lumrah. Baik dari kalangan artis maupun pejabat, potong rambut itu cukup ke salon atau barbershop. Namun, tidak demikian dengan dalang kondang asal Tegal, Ki Entus Suswono.

Untuk memangkas rambutnya yang bergaya bintang rock era 70-an (gondrong hanya di bagian belakang), Entus harus menggelar hajatan. Tidak tanggung-tanggung. Selain mengundang grup musik rebana, seniman nyentrik itu juga menghadirkan belasan tokoh agama.




 




Ritual potong rambut itu dilaksanakan di Sanggar Satria Laras, padepokan sekaligus tempat tinggalnya di Desa Bengle, Kecamatan Talang, Kabupaten Tegal, Jumat, 12 Juli 2013. Prosesi yang berlangsung khidmat itu disaksikan puluhan penggemarnya dan warga sekitar.




 




Malam itu, sekitar pukul 23.00 WIB, Entus menanggalkan pakaian kebesarannya. Ia hanya mengenakan kaos putih dan kain putih panjang serupa sarung yang dililitkan. Berdiri dengan mata terpejam, ia turut mengikuti serangkaian doa yang dilafalkan Kyai Mahfudz Kholid.




 




Setelah itu, duduk bersila di atas meja, Entus membasuh wajahnya dengan air bertabur bunga dari baskom di hadapannya. Dalam hitungan detik, rambut gondrong yang menjadi ciri khas dan kerap dikibaskan di atas panggung itu putus oleh gunting di tangan Kyai Mahfudz.




 




Layaknya barang antik, rambut itu tidak lantas dibuang. Tapi disimpan di sebuah kotak kardus dan dikemas rapi. Seketika tepuk tangan membahana. Tabuhan rebana, gamelan, serta lantunan shalawat nabi memecah keheningan yang melingkupi sejak prosesi itu berlangsung.




 




Tidak cukup sampai di situ, Entus pun mengguyurkan sebaskom air bunga ke sekujur tubuhnya. Tanpa sempat mengganti pakaiannya yang basah kuyup, Entus melanjutkan acara dengan memotong nasi tumpeng dan dibagikan kepada seluruh tamu undangan.




 




Seusai acara, Entus baru membeberkan alasannya memotong rambut yang dirawatnya sejak 2009 itu. "Banyak masukan dari sejumlah kolega agar saya segera potong rambut," ujar Entus yang akan mengikuti Pemilihan Bupati Tegal, 27 Oktober mendatang.




 




Menurut Entus, masyarakat awam belum bisa menerima sepenuh hati jika calon pemimpinnya bergaya nyentrik. Selain Entus, masih ada satu kandidat calon Bupati Tegal yang tidak kalah nyentrik. Yaitu Limbad, pesulap berambut gimbal ala Bob Marley.




 




Entus yang kondang dengan gaya pakeliran yang interaktif itu pernah menggondrongkan rambutnya hingga cukup panjang pada 2008. Karena tersandung kasus perusakan sebuah radio swasta pada 2009, Entus terpaksa merelakan rambut gondrongnya.




 




"Masuk penjara kan rambutnya harus pendek," ujar Entus yang saat itu divonis dua bulan 15 hari dipotong masa tahanan. Di dalam tahanan, Entus masih sempat menghasilkan wayang punokawan yang terbuat dari bekas rambut gondrongnya.

DINDA LEO LISTY

Powered by WPeMatico

No comments:

Post a Comment

Post a Comment